Senin, 09 Juli 2012

The Ends of a Big Dream, The One and Only Before~

Yup,tulisan ini digarap mulai tanggal 3 Juni 2012, pkl. 20.06 WIB, sempat tersendat, dan bahkan sampai sekarang nggak tahu bakal selesai beneran apa enggak, padahal udah tanggal 8 Juli 2012, pkl. 11.52. *senyum senyum* Menjelang 9 Juli 2012! Saat itu status gue lagi gak jelas, yang pasti sedang gak belajar buat UAS hari ke-8 besok, -__-' Dua lubang telinga sedang dinangkringin headset, volume keras, padahal di depan mata ada tv juga, nyala, tapi cuman hiasan, haha. Fine, skrg lagi pengen numpahin ape aje dah pake tulisan (eciee, sok sok an! emang bisa numpahin pake omongan? ini kan the one and only way buat eloo #uhuk). Dan gue harap (sangat berharap malah), semoga tulisan ababil gue ini gak ada yang baca! *Aamiin* Dan perhatian pemirsah, tulisan ini hanyalah sebuah pelarian dari kecerewetan gue yang gak jelas di situs jejaring sosial sebelah, :p Then, sekarang mau nulis something yang sesuai dengan trending topik yang udah terlanjur gue bikin di atas aje yee! "The ends of a Big Dream, The One and Only Before".

Apasih apasih? Big dream apa sih? Hahaaa, yassalaam~ Ya apalagii, -,- Become a doctor of course! :') Bener deh, sekarang mimpi besar buat jadi yang satu ini cuman jadi mimpi, mimpi yang benar-benar mimpi. :)
Cerita dari awal dulu deh yaa, gimana bisa gue punya mimpi buat jadi dokter. :D Yup, yang gue inget, gue mulai bisa dicekokin sama pelajaran-pelajaran istimewa di sekitaran usia 3-4 tahunan. Di usia segitu, sama kayak balita-balita lain yang dianggap sedang lucu-lucunya, pasti deh ditanyain macem-macem sebagai upaya biar si balita ngomong *alhamdulillah kalau jawabannya lucu, akan tertawa terbahak-bahaklah si penanya*. Salah satu pertanyaan pasti ada yang berbunyi seperti ini:
"Dek, mau jadi apa kalau udah besar nanti?" *si penanya tersenyum-senyum, berharap si anak menjawab dengan jawaban yang lucu*
Dan yap, sebagian anak pasti kalau gak jawab dokter, polisi, penyanyi, pilot, ya profesi lain yang keliatannya oke banget deh *kalau jawabannya begini, yaudah deh, gak jadi lucu* #apaseh.Ehem. Gue tanyain coba, ada yang jawab pengen jadi public health warrior? *tersenyum,datar* Aha! Yaelaah, apaa coba kerennya jadi public health warrior, -_- *pikiran beberapa tahun yang lalu* Eh, tapi emang udah ada ya profesi ini pas gue umur 3-4 tahunan? *tepok jidat* Hahaa.

Oke, kembali ko topik pembahasan awal. Jelas lah yaa, gue cewek, jadinyakan karena jarang banget ada orang tua yang pengen anak ceweknya jadi polisi, akhirnya gue jawab kalo gue pengen jadi dokter. :) *senyum miris*
Profesi dokter di mata sebagian orang jelas mendapat tempat yang 'wah', termasuk di mata gue. (sampai detik ini sih, tapi udah nggak gitu-gitu banget, :p) Habis itu, seiring berjalannya waktu, gue naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi. Bak naik tangga, setapak demi setapak, lama. Sampai detik ini juga belum sampai di titik yang paling atas sih. Dan emang, kalau bisa, gue pengen napak terus, terus dan terus. Sampai gue bener-bener gak bisa napak lagi. :) Yup, gue gak pengen berhenti belajar sampai di sini doang. :D 


Di tingkat TK sampai kelas 4 SD gue masih pengen banget buat jadi dokter. Dokter itu passion gue. Saat itu nggak terbesit sedikitpun buat milih profesi lainnya. Meski demikian, karena ngerasa jauh banget dengan masa peralihan SMA-Universitas, akhirnya passion itu ya se-adanya. Nggak menggebu-gebu lagi. Pikiran waktu itu sih, ya jalanin ajaa, nanti ya nanti. Yang penting sekarang belajar aja biar dapet ranking. Iya sih, dapet ranking terus. Tapi saran aja deh yaa kalo ntar jadi bapak atau ibu, passion itu segalanyaa~ Harus dijaga. :)No passion-->no action-->no achievement. 

Kelas 4 SD ke kelas 5 SD, passion gue lemah banget. Terbukti, ranking turun dengan mudahnya. Dan yap, sehabis ranking turun, susah banget buat bisa naik ke posisi awal. Waktu itu kakak perempuan gue juga baru aja nikah sih, jadi ya ngrasa agak susah banget buat bisa move on. Hehe, iyalah, kakak gue itu guru privat, manajer, pengasuh, kakak, emak, yak, apapun deh! *Makasih yaa mbak, :)* SD gue SD negeri, deket rumah aja sih, dan emang bukan SD favorit. Tapi alhamdulillah~ SD ini dengan bapak ibu gurunya yang luar biasa telah ngasih ilmu yang lebih dari cukup. Dan yang lebih lagi, pelajaran hidup yang nggak bisa di dapet dari tempat lain. :) *Trimakasih Bapak, Ibu~* Sampai kemudian di kelas 6 semester akhir, naik satu peringkat sih, meski nggak berada di posisi awal lagi. :') Satu sih yang bisa gue simpulin dari sini. Bahwa saat itu mental sebagai orang yang kalah udah mulai terbentuk di mindset gue. Dan itu, fatal. Passion gue hilang. Sama sekali.

Perjalanan dari kelas 1 SMP-1 SMA gue nge-blank. Sama sekali nggak punya gambaran tentang mau jadi apa gue. Yaiyasih, semua mata pelajaran gue fine-fine aja meski diitungan gue lemah, meski untung aja alhamdulillah masih selamat. :') Tapi ya gitu, tanpa passion, semua berjalan gitu aja, nggak ada target pasti, nggak ada greget. Gue suka semua mata pelajaran pas SMP. Termasuk matematika dan fisika. Tapi ya dasarnya gak bakat mungkin, hehe, buat ngedapetin nilai maks bener-bener butuh perjuangan banget. ._. Bisa sih bisa, tapi masya'Alloooh perjuangannya bikin gregetan! Dari sini, gue yakin, nggak ada yang nggak mungkin kalau kita mau nge-usahain. :') Hehe, itu kalau bener-bener diterapin... Kalau enggak, ya kayak gue ini nih, -.-Lanjuut! Nah, karena gue selalu suka sama hampir semua mata pelajaran, ya akhirnya timbullah ke ambiguitasan. Mau jadi apa sih gue? ._. Terjun di biologi mau, jadi peneliti mau, sejarah suka, ekonomi juga iya, bahasa inggris tertarik banget, sastra jugaa, nge-gambar juga suka, olahraga juga iya, -___- Apa dongs ya? (-o-?) Pokok enggak maksa ke fisika sama matematika ajalah, titik. :p Finally, gue biarin aja semua berjalan tanpa ada passion sama bidang tertentu. Lanjut ke SMA aja mikir mau jadi apanya. 

SMP gue adalah sebuah SMP negeri yang lokasinya nempel di sebelah tembok rumah pas, SMP N 5 Kediri. SMP gue ini bukan SMP wah yang difavoritin sama anak-anak seumuran gue sih, tapi gue bersyukur pake banget. Masuk ke SMP ini enggak lain enggak bukan karena takut kalo kalah saing dengan calon murid di SMP favorit tengah kota. *mental tempe* Dan lagi, ya emang deket, aksesnya mudah, :p. Samalaah~ Menuntut ilmu di sini ada plus minusnya. Saran lagi deh buat calon bapak dan ibu sekalian~ Mutu sekolah bener-bener akan mempengaruhi perkembangan pendidikan anak. Bukannya mau bilang gue salah sekolah atau gimana sih yaa. Tapi emang bener kok, menuntut ilmu di sekolah yang bermutu, katakanlah favorit, akan membuat daya pandang si anak ke depan mengenai pendidikan akan lebih baik lagi levelnya. Kenapa? Bukan dari faktor guru dan fasilitasnya doang, tapi teman-temannya juga. Ketika teman-temannya sebagian besar di sini memiliki niatan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, pasti secara otomatis si anak akan terpacu. Berbeda dengan sekolah yang ada di *katakanlah* pinggiran. Di sini sebagian anak berasal dari daerah yang *katakanlah* lebih tradisional dibanding di kota. Dan sebagian murid berorientasi untuk melanjutkan di sekolah kejuruan, bekerja, atau malah menikah. Bukan apa-apa sih, semua sama aja kok sebenernya.Tergantung niat, prinsip, tujuan dan seberapa besar keinginan si anak untuk ingin terus melangkah. :) Dan oke, gue nggak bisa nyalahin kalau keadaannya memang seperti itu karena emang kondisinya enggak memungkinkan. Aku sih, oke ajaa.Nggak masalah kok, temen yang manapun oke, sama aja. :DD Udah dibilang sih ya, tergantung niat, prinsip, tujuan dan seberapa besar keinginan si anak untuk ingin terus melangkah. Jadiii, karena gue suka sekolah, gue harus lanjut sekolah! :) Akhirnyaa, ketika temen gue banyak yang milih sekolah kejuruan, bekerja dan ada beberapa yang menikah, gue milih masuk SMA. Dan terdaftarlah gue sebagai murid dari SMA N 7 Kediri. :))


SMA gue ini ada di kompleks lembaga pendidikan di barat sungai. Termasuk salah satu dari tiga SMAN dengan julukan segitiga emas SMA favorit karena wilayahnya emang deketan sma SMAN 1 dan SMAN 2 Kediri, jadi emang menang lokasi aja kali yaa. *Lol XD. Tapi enggaaklaah, setelah masuk di sini gue ngerasa sekolah gue ini istimewa! Emang sih, kalau dibidang akademik nggak lebih nge-joss dibanding dua kompetitor SMA yang di sebelahnya, tapi kalau non-akademis, woow, yahuut! :D Punya lapangan yang luas lagi,jadi kalau udah masalah pentas seni, konser, dsb mantep banget deh. :)) Anak-anaknya juga, pada bakat jadi event organizer tuh. *nggak termasuk gueh tapinya* Sayangnyaa, gue nggak aktif di kegiatan-kegiatan siswa, sama kayak pas SMP. Kalo pas SMP dengan alasan nggak minat, kalo SMA dengan alasan kejauhan. Apalagi harus pulang naik angkot G yang sumpah langka banget lewatnya, tambah kalo udah jam 14.00 WIB ke atas, -__- Jadilah gue kupu-kupu muda, sekulah-pulang sekulah-pulang, adeknya kuliah-pulang kuliah-pulang! hahahaha. 


Yak, ayo kembali ke jalur yang benar lagi. ._. About ma big dream. *Senyum simpul* Masuk di kelas X, X-2 tepatnya, semua masih berjalan adem-ayem. *Oh men, gue masih bisa ngerasain sensasinya masuk SMA pertama kali. Masih berasa baruuu aja amsuk SMA dan diospek tentunya!* Gue tetap suka sama hampir semua mata pelajaran. IPA okee, IPS ayook. Tapi emang sih, hafalan lebih fine dibanding itungan yang maksa banget.-,- Meski begitu, alhamdulillah, amaaan.:D Di kelas X ini sih, udah terbesit buat mikirin mau nerusin ke mana habis dari SMA. Tapi dikiiit banget. Yang lebih banyak sih mikirin bakal masuk penjurusan apa habis dari kelas X itu, IPA? IPS? *Hehe, ya dasarnya suka dua-duanya sih yaa.* Nah, akhirnya, terpilihlah IPA sebagai penjurusan gue. Kenapa IPA? Sebenernya sih ada sedikit pengaruh dari pandangan bahwa IPA itu lebih ada nilai prestige nya dibandingkan IPS.Padahal sih sebenernya kalau gue liat-liat, nilai IPS gue lebih bagus ketimbang nilai IPAnya yang hampir pas-pasan, :p


Di kelas XI, XI-IA 5 a.k.a #paimo tepatnya, tingkat mikir soal kuliah mulai meningkat. Dan gue tertarik buat masuk ke farmasi. Yeah, agak ngeri sama kedokteran, hampir nyerah malah. Tapi gue sama sekali nggak bener-bener nyeriusin buat belajar. Itu salah gue, fatal juga, hehe. Masa-masa di kelas XI itu berjalan gak begitu jauh beda juga sama yang sebelum-sebelumnya. Passion masih lemah.Tapi waktu itu ada sedikit motivasi baru sih. Gara-garanya terpacu sama temen masa kecil yang baru aja gak sengaja ketemu di sebuah LBB.Di sini mulai nanjak deh gue. Apa-apa gue bandingin sama dia. Berasa freak banget. -___- Jelas-jelas beda jauh gitu ya, masih aja nekat buat ngebanding-bandingin.*Lol:D 


Dia itu anak SMA sebelah yang kedua orangtuanya dokter, dan jelas, tanpa nanya juga gue bisa jawab sendiri, dia bakal ngikutin jejak emak bapaknya. Siapa sih dia? *Senyum. Datar* Yak, tanpa nyebutin dengan gamblang juga hati gue udah nge-jawab. Dia itu salah satu inspirator gue. Orang yang pengen gue sejajarin langkahnya. Tapi gagal. :')Di kelas XI itu gue akhirnya ber-passion buat jadi pharmacyst. Sampai kelas XII juga passion gue terbagi antara farmasi dan kedokteran. Tapi enggak gue imbangin dengan keseriusan dalam belajar dan do'a #kesalahan. Yap, kemudian di kelas XII, gue bener-bener yang menggebu-gebu banget buat nyamain langkah dengan anak yang tadi.Nggak bisa sama sih akhirnya, tapi ada sedikit peningkatan lah. *akhirnyaaa, big thanks buat kamuu, :))* Alhasil, gue bisa ngedapetin posisi yang dulu sempat hilang di kelas 5 SD, :')Di kelas XII ini gue juga mulai serius. Gue yang gak pernah ikut bimbingan belajar di tempat yang difavoritin murid seusia gue karena males, mahal de-el-el, akhirnya ngebela-belain dan daftar juga di LBB. Tapi sayang banget, mungkin udah telat, hehe. 


Dengan kondisi prioritas 75:25 antara farmasi:kedokteran, akhirnya gue nge-coba masuk ke fakultas farmasi lewat jalur tulis UM-UGM. Itu juga nekat. Waktu itu sih nge-daftar bareng temen gue, Wilda Nur Elvi Laili *Hiii mbak Wiiil :p #nyapa*, dan milih panlok di Madiun. Dua anak, cewek, nggak tau apa-apa, akhirnya berangkat ke Madiun buat ikut ujian. Haha, sempet jalan kaki juga berdua di kota orang, nggak tau jalan padahal. Kemudian hasil UM-UGM keluar dan nggak ada satupun dari kita -re: gue dan Wilda- yang ketrima. Fine. Meski pengen banget masuk ke UGM, tapi ya gimana lagi yaa.. Itu penolakan pertama gue dan bukan satu-satunya. Sedangkan dia? Gue tau banget kalo dia pengen masuk UNAIR, orang tuanya juga sama. Udah dibeliin rumah malah. Tapi? Takdir berkata lain. Diterimalah dia di pendidikan kedokteran UGM via jalur mandiri. *Yassalaam~* Penolakan kedua adalah ketika gue nyoba daftar bidik misi di fakultas pertanian UB. *Nah kan, gak konsisten?-..- * Yup,oke fine, ditolak. Mungkin Allah tau kalo gue nggak bener-bener pengen dan niat masuk ke sana. Mungkin Allah tau kalo gue pengen masuk ke dunia kesehatan, meski awalnya passion ini bangkit lagi karena dia. Udah mentok, gue nggak ngecoba ke mana-mana lagi, kecuali STAN. Sempet sih mau nyoba ikut jalur PMDK Prestasi UNAIR. Tapi gagal gara-gara ternyata berkas gue gak dikirim sama guru BK, dikiranya gue nggak jadi ikut, ohh...entah kenapa. *Yaanassiiib~*


Jalur terakhir yang gue ikutin adalah SNMPTN. Dan yak, pas detik-detik terakhir sebelum ngedaftar online, tiba-tiba bapak gue nyuruh gue buat ngedaftar kedokteran.Sumpah bimbang. Itu passion gue yang sempet ilang. Dan itu juga bidang yang sama dengan dia *ada maunya, -.-* Akhirnya gue mikir, kalo emang mau milih FK, berarti gue harus ngelepas farmasi. Barulah akhirnya terbesit buat milih Public Health. Sehari sebelum daftar online, gue menghalau galau dengan bertanya pada salah satu temen gue yang gue anggap berkompeten untuk menjawab. Dan dia juga nyaranin yang sama. FK-FKM. Fine. Jadilah gue ngedaftar SNMPTN dengan pilihan pertama FK UNEJ, dilanjut FKM Unair, dan pilihan ketiga manajemen UNEJ. Pas ngerjain soal, shock. Berasa gagal banget ngerjainnya. Selain itu sih gue ikut ujian masuk STAN juga. Lumayan oke sih soalnya, dan gue ngerasa lebih bisa ngerjain soal itu dibanding soal SNMPTN. Tapi eeh~ gagal. ._. Dan akhirnya keluarlah jawaban dari Allah melalui pengumuman SNMPTN yang menyatakan bahwa gue lolos di pilihan kedua gue, FKM Unair. Alhamdulillah~


Then... masuk Fakultas Kesehatan Universitas Airlangga sebagai mahasiswa baru angkatan 2010, generasi ke-17 FKM Unair.It's mean...Ospek.Awalnya sih nerima dan bener-bener nyerah dengan yang namanya FK. Kenapa? Ya karena gue pikir itu udah jawaban final dari Allah. Lagipulaaa.. gue ketemu sama orang-orang hebat kok di sini. Nggak cuman satu dua, tapi hampir semua, :)Dan yaaa, karena gue bilang itu awalnyaa, maka jelaslah, pasti ada pergolakan kedua, ketiga, atau mungkin masih ada lagi? Who knows? Tapi jangan sampek. Titik. :' Pergolakan kedua adalah ketika kemudian gue ketemu dengan beberapa orang teman yang setujuan dan senasib. Karena emang rata-rata mereka yang di sini adalah mereka yang berpassion di FK juga, jadi bukanlah hal yang sulit untuk nemuin orang-orang yang semacam gue. Akhirnya, terbentuklah aliansi baru calon penembus fak. kedokteran di tahun kedua. 


Dengan terbentuknya tujuan baru ini, ada beberapa diantara kami yang semakin terpacu dalam belajar *itu positive* tapi ada pula yang semakin gak minat buat belajar *ini negative* *termasuk gue*--'.Belajar pas-pasan *sampai sekarang* dan akhirnya nilai pas-pasan juga. Maka, dengan pas-pasannya nilai ini, semakin bulatlah niat gue buat ikut SNMPTN lagi di tahun berikutnya guna mendapatkan satu buah bangku di fak. kedokteran. Tapi, sayangnya (lagi) gue juga nggak belajar terlalu nge-gas. Cuman bermodal adu keberuntungan -.- Dan yaa... gue gagal buat kedua kalinya. #nyesek Kegagalan yang kedua ini malah berasa double kecewanya ketimbang kegagalan pertama. :' 


Seiring berjalannya waktu, akhirnya gue ngejalanin tahun kedua gue sebagai mahasiswa di FKM. Mulai mencoba mengenal FKM, mengenal prospeknya, menerka-nerka peluang, dsb. Udah nggak galau? Sama sekali enggak. Jangan difikir gue berhenti di situ aje ye dalam mencoba meraih mimpi besar gue *meski sebenernya nggak ngoyo-ngoyo amat, haha*. Di tahun kedua gue ini gue nekat buat belajar. Belajar apapun. Termasuk nekat masuk organisasi, yang pada dasarnya bukan dunia gue banget. -..- Di awal, sempet keleleran juga *meski sampai sekarang masih, hehe*, sempet double frustasi, de-el-el. Sampai kemudian gue mulai bisa adaptasi sedikit-sedikit *meski sampai sekarang nggak full*, tapi lumayanlah, sekarang jadi lebih tau esensinya masuk organisasi. Masuk ke sini berarti sama juga menenggelamkan diri pada  pengetahuan dan pengalaman. Dan itu harus kalo gue bilang *sayang, telat*. Tau apa jadinya kalo seseorang nggak belajar ginian? Ya guee inilah, -,-.Dan sekarang gue sadar sesadar-sadarnya juga mengenai bagaimana seorang pemimpin bisa terlahir. Klise emang, tapi gue yakin, pemimpin itu nggak terbentuk dengan begitu aja. Pasti dia, gak peduli siapapun, telah berproses. Ketika melihat temen-temen gue, yang gue yakin pasti mereka adalah calon pemimpin, gue sadar tentang satu hal yang membedakan gue dari mereka. Ya, dunia yang seperti itulah yang membentuk dan mendewasakan mereka. :')Dan itu pula yang ngebuat gue semakin interest untuk belajar lebih, meski telat,hehe.


Sampai di sini, percayalah~ Mimpi besar gue masih belum padam. masih merambat perlahan meski daya ikatnya sudah agak mengendor, tak lagi sekuat yang dulu. Finally, gue sempet mutusin buat ikut SNMPTN sekali lagi di tahun ketiga. Dan yang kemudian, karena sesuatu hal, batal~ Kronologisnya ndak perlu gue ceritain di sini mengenai alasan kenapa batal, tapi yang jelas, ada beberapa saksi yang tau tentang cerita gue, tentunya selain gue dan Allah SWT. Gue nggak perlu nge-ekspose sih, tapi ada satu hikmah yang gue dapet di sini. Buat siapa ajaa ya~ Beneran lho, do'a dan harapan orangtua itu mujarab. :')


Yaa, begitulah. Orangtua gue nggak ngijinin, dan akhirnya beberapa hari sebelum ujian gue juga mutusin buat stay di sini, di fakultas kesehatan masyarakat Universitas Airlangga. Dan dengan diambilnya keputusan itu, maka, berakhir pulalah perjalanan mimpi besar gue. Perlu digaris bawahi, bahwa yang mati adalah mimpi besar gue yang sebelumnya, awalnya, atau apalah sebutannya. Kenapa? Karena pada proses pengambilan keputusan itu, maka gue juga punya keputusan yang lain sebagai imbas dari keputusan pertama. Apa? Yakni bahwa gue akan membangun sebuah mimpi yang lain lagi. Di sini, di Fakultas Kesehatan Masyarakat. :))Ingat kawan..dengan berakhirnya satu mimpi, maka bukan berarti berakhir pula dan matilah dunia ini. Untuk yang ini, perlulah peribahasa "Mati Satu Tumbuh Seribu" menggambarkannya, :p. Dari proses pro-kontra gue dengan orangtua gue, bapak terutama, ada satu pesan yang gue inget betul, ini nih pesannya:


"Nggak perlu kamu khawatir dengan jurusanmu ini. Sarjana S.Km memang banyak, tapi percaya saja kalo kamu juga bisa. Jangan terlalu tidak percaya diri. Ketika bapak dulu kuliah,ada satu prinsip yang bapak tegaskan pada teman-teman bapak. Yaitu bahwa bapak kuliah dengan niat untuk mencari ilmu, bukan untuk mencari kerja. Titik. Pakailah prinsip itu juga, maka dengan demikian,kamu ndak perlu khawatir lagi akan pekerjaan apa yang akan kamu dapat kelak. Ingat? Lapangan pekerjaan itu banyak." 


Baiklaah, pesan itu cukup mengena pada saya dan mengobati gundah gulana yang seringkali bercokol di otak saya. Dan dengan demikian, berakhir pulalah perjalanan mimpi besar saya, satu-satunya mimpi yang saya miliki sebelumnya. The Ends of a Big Dream, The One and Only before~  


Yak, akhirnyaaa. Selesai juga tulisan ini pada tanggal 9 Juli 2012 pkl 01.55 WIB dalam kondisi setengah sadar setengah enggak *re-ngantuk*. Gilak! Butuh seharian nih nyelesaiinnya #eeh, :P 
Hahaa, terimakasih~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar